Feb 16, 2016

Motorola Lapdock, Laptop Murah dengan Jeroan Raspberry PI Zero

Raspberry PI Zero merupakan sebuh single board murah dengan harga di bawah 100 ribu Rupiah yang dapat dijadikan sebagai desktop berdaya rendah jika Anda ingin menghubungkan keyboard, mouse dan layar eksternal. Namun bagaimana jadinya jika komputer kecil ini dijadikan sebagai otak sebuah laptop?
lapdock-pi-laptop-590x330
Ya, merakit sebuah laptop ternyata dapat dilakukan dengan komponen-komponen sederhana dengan biaya yang tidak terlalu tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh seseorang yang berhasil menyematkan Raspberry PI Zero ke dalam Lapdock hingga menjadi sebuah perangkat laptop seperti umumnya, seperti yang dilaporkan Liliputing, (27/1/2016).
Motorola Lapdock memang nampak sebuah notebook compact, namun sebenarnya itu hanyalah sebuah cangkang atau casing. Produk itu pertama kali diluncurkan oleh Motorola pada tahun 2011 untuk memungkinkan pengguna dapat menggunakan perangkat mobile seperti smartphone agar dapat memiliki fungsi seperti notebook. Namun sayangnya perusahaan menghentikan penjualan Lapdock sekitar setahun kemudian.
pi-lapdock-590x330
Namun belakangan ini produk tersebut kembali populer ketika banyak orang memiliki kabel Raspberry PI, MK802 dan komputer mini lainnya. Karena berbekal perangkat tersebut, seseorang dapat menjalankan OS Android ataupun Linux dengan biaya murah karena merakitnya sendiri.
Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika merakit PC menggunakan mini PC adalah banyaknya kabel-kabel yang untuk menyambungkan berbagai perangkat. Namun Raspberry PI merupakan single-board yang sangat kecil dan praktis, sehingga memungkinkan masuk ke dalam case apapun dengan sedikit modifikasi.

Raspberry PI Zero (Kredit: Telegraph)
Raspberry PI Zero (Kredit: Telegraph)
Motorola Lapdock bisa didapatkan di situs e-commerce terkemuka seperti Amazon dan eBay. Namun yang perlu dicatat, harga Lapdock kini tak semurah dulu lagi. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga $80 atau skitar 1 juta rupiah yang membuat Anda berfikir, lebih baik membeli sebuah laptop baru.
Namun bagi Anda yang memiliki Lapdock atau case laptop tua, dapat langsung merakit laptop murah menggunakan Raspberry PI Zero yang hanya dibanderol sekiar 70 ribu Rupiah. Selain itu, Anda juga membutuhkan dua kabel, micro USB ke USB OTG dan mikro HDMI perempuan ke HDMI.
Memang notebook rakitan menggunakan Raspberry PI Zero yang notabene hanya memiliki prosesor broadcomm tidak akan menandingi perangkat Surface dari Microsoft.

No comments:

Post a Comment