Nov 11, 2014

Lexus ES 300H

DETAILS
So Good  - Efisiensi dari sistem hybrid - Kombinasi kemewahan dan harga jual
No Good  - Sistem pengereman
7
foto
Mendeskripsikan Lexus ES 300H dalam satu kalimat, mobil sedan mewah bermesin hybrid ini memiliki kabin yang begitu senyap sekaligus nyaman, seolah­olah membuat pikiran di dalam kepala adalah suara terkeras yang bisa didengar. Begitu senyap karena dalam kecepatan rendah motor listrik yang menggerakkan mobil (hampir) tidak bersuara, dan nyaman berkat jok kulit yang empuk serta sentuhan warna hitam dan juga kayu maple pada interiornya, membuat setiap orang yang duduk di dalamnya (bahkan kursi pengemudi sekalipun) akan merasa seperti duduk di kursi malas di rumah. Sedangkan pikiran yang ada di kepala kami ketika merasakan kesenyapan dan kenyamanan tersebut lebih kepada, ‘mobil ini berada di kelas apa, dan siapa rivalnya?’

Jika Lexus seri IS merupakan rival dari sedan mewah asal Jerman BMW seri­-3 dan Mercedes­ Benz C-­class, dan Lexus GS menjadi penantang Seri­-5 dan E-­Class, di manakah posisi Lexus ES? Dari segi dimensi, Lexus ES lebih besar dibandingkan dengan seri IS dan hampir setara proporsinya dengan seri GS sehingga layak untuk disandingkan dalam satu kelas. Tetapi dari segi harga jual, ‘starting­price’ Lexus ES justru sedikit di bawah Lexus IS. Bingung? Tunggu dulu. Anda harus mengetahui bahwa Lexus IS, ES, dan GS sama­sama menggunakan mesin berkapasitas 2,5 liter, dengan output yang berada di kisaran 200­an hp.
Lexus ES 300h
‘Puzzle’ Lexus tersebut akhirnya mulai terselesaikan ketika menggabungkannya dengan karakteristik setiap mobil dan juga target pasarnya. Seri IS dan GS memiliki karakter sporty dan dinamis berkat mesin berkonfigurasi V6 yang menggerakkan roda belakang dan pengendalian yang lebih ditujukan untuk menghibur pengemudi. Sementara seri seri ES menggunakan mesin 4­silinder segaris yang menggerakkan roda depan, dan ditujukan untuk memanjakan para eksekutif muda di kursi baris belakang. Pihak Lexus Indonesia mengatakan bahwa perkembangan ekonomi saat ini mencetak banyak pebisnis baru yang menginginkan mobil dengan ciri khas Lexus ES, sehingga penetapan harganyapun sesederhana pelajaran ekonomi dasar tentang kurva suplai dan permintaan.

No comments:

Post a Comment