Feb 18, 2016

HP Dikabarkan Tengah Menggarap Smartphone Windows 10 yang Bertajuk Elite x3

Perusahaan HP memang sebelumnya sempat menggeluti industri smartphone beberapa tahun yang lalu, namun itu sudah terlalu lama. Sepertinya tahun 2016 ini akan menjadi kebangkitan HP dalam industri smartphone dengan menjalankan OS Windows 10.
HP Elite x2
HP Elite x2
Seperti rumor yang beredar semenjak beberapa bulan yang lalu, HP memang dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone Windows 10. Rumor kali ini berasal dari Evan Blass, yakni seorang pengungkap yang memiliki reputasi baik tentang prediksinya. Kali ini, pria pemilik akun Twitter @evleaks itu mengatakan bahwa smartphone terbaru HP akan bernama Elite x3. Sebelumnya smartphone dari HP dikabarkan akan mengusung nama “Falcon”, namun sepertinya tidak jadi digunakan.
Dari segi penamaan, mungkin ini memang sedikit membingungkan. Seperti yang kita ketahui, HP Elite x2 merupakan perangkat 2 in 1 yang telah meluncur beberapa tahun yang lalu. Cukup aneh jika perusahaan menggunakan penamaan yang sama antara smartphone dan perangkat 2 in 1.
Namun sepertinya Evan Blass mengacu pada smartphone yang rumornya telah muncul Desember tahun lalu yang terekam di GFXBench. Menurut rumor tersebut, perangkat akan mengandalkan chipset Snapdragon 820. Untuk bagian display, smartphone akan memiliki layar yang lapang, yakni 5,8 inci dengan resolusi Quad HD 2560 x 1440 piksel. Spesifikasi tersebut cukup mengesankan untuk perangkat Windows 10.
Evan Blass
Kendati demikian, ada hal aneh pada bocoran kali ini, yakni RAM yang diusung hanya sebatas 1GB. Tentu kapasitas RAM tersebut tidak sepadan dengan chipset dan setup layar yang diusung. Diperkirakan itu merupakan kesalahan, karena untuk penyimpanan internal sendiri, perangkat ini memiliki memori sebesar 64GB.
Untuk setup kamera, smartphone ini juga diharapkan memiliki kamera yang mumpuni, karena smartphone telah dibekali dengan kamera utama 20MP dan kamera depan 12MP yang diharapkan dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan.
Selain mengumumkan perubahan nama, Evan juga mengatakan bahwa perangkat ini cukup cerdas, namun peletakan lubang speaker yang berada di sisi belakang akan membuat output audio menjadi samar ketika diletakan secara terlentang. Namun perangkat dikatakan juga memiliki eksterior yang elegan. Smartphone ini digadang-gadang bakal muncul di ajang MWC 2016 mendatang.

No comments:

Post a Comment